Desa Putukrejo Gondanglegi Kabupaten Malang Jawa Timur

Bajakah Kalbar Satu
Selamat Datang di Website BUMDesa Barokah | Desa Putukrejo Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur


Wisata Sumber Sira terletak di Desa Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Sumber Sira merupakan satu-satunya sumber mata air di Kabupaten Malang yang memiliki pesona underwater yang eksotis. Selama ini, snorkeling dan underwater photography identik dengan pantai yang kadang membuat pengunjung merasa takut untuk menikmati pesona dalam air yang indah.
Namun sejak adanya Wisata Sumber Sira yang diolah sedemikian rupa oleh pemuda pemudi beserta pemerintahan desa setempat, membuat Sumber Sira menjadi salah satu wisata air yang pesonanya sangat layak untuk diperhitungkan. “Selain kejernihan air dan pemandangan sekitar yang asri, Sumber Sira menyediakan Spot Foto di bawah air (Underwater Photograph) yang dapat dinikmati oleh pengunjung,” ucap A. Toha Kepala Desa Putukrejo.

Pada bagian dasar sumber mata air, banyak ditumbuhi tanaman hijau berupa rumput air tawar (hydrilla) yang menjadikan keunikan sendiri untuk Wisata Air Sumber Sira. Di dalamnya juga terdapat beberapa populasi ikan-ikan air tawar dengan batu-batuan kecil yang rancak tertata alami di atas dasaran pasir hitam.
Sementara itu, terkait progres Bumdes Barokah Putukrejo, selain adanya Unit Simpan Pinjam, Toha menyampaikan bahwa Bumdes dalam hal ini juga berperan aktif dalam pengembangan Wisata Sumber Sira seperti Bank Sampah dan Hippa (Pengolahan Air Bersih dan Sanitasi) Sumber Sira.
Pengelola Wisata Sumber Sira sendiri juga melaunching beberapa produk dengan Branding Wisata Sumber Sira Putukrejo seperti kaos, topi dan lain sebagainya. “Dengan adanya merchandiser tersebut, diharapkan dapat menjadi salah satu media untuk mengembangkan Wisata Sumber Sira menjadi lebih baik, bermanfaat untuk masyarakat dan bisa menjadi wisata religi,” ucap Toha
Tag : Berita, Wisata
0 Komentar " "

Back To Top